Halaman

Rabu, 13 Oktober 2010

Belajar, Pembelajaran dan Pembaharuan Pembelajaran

A. Hakekat Pembelajaran
Pengertian belajar (Fontana, 1981:147) adalah “proses perubahan tingkah laku individu yang relatif tetap sebagai hasil dari pengalaman”. Sedangkan pembelajaran merupakan upaya penataan lingkungan yang memberi nuansa agar program belajar tumbuh dan berkembang secara optimal.
Pengertian belajar dan pembelajaran menurut beberapa pandangan:
• Menurut pandangan Skinner belajar adalah suatu perilaku.
• Menurut Gagne belajar merupakan kegiatan yang kompleks.
• Menurut konsep sosiologi, belajar adalah jantungnya dari proses sosialisasi, dan pembelajaran adalah rekayasa sosio-psikologis untuk memelihara kegiatan belajar tersebut, sehingga tiap individu yang belajar akan belajar secara optimal dalam mencapai tingkat kedewasaan dan dapat hidup sebagai anggota masyarakat yang baik.
• Menurut konsep komunikasi, pembelajaran adalah proses komunikasi fungsional antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa, dalam rangka perubahan tingkah laku dan pola pikir yang akan menjadi kebiasaan bagi siswa yang bersangkutan.

B. Pembelajaran Efektif dan Bermakna
Pembelajaran yang efektif dan bermakna dapat dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:
1. Apersepsi;
2. Eksplorasi;
3. Konsolidasi pembelajaran;
4. Pembentukan kompetensi, sikap dan perilaku;
5. Penilaian formatif.

C. Kriteria Keberhasilan Pembelajaran
Keberhasilan pendidikan berbasis kompetensi dapat dilihat dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang berdasarkan pada kompetensi serta indikator-indikator pencapaian tujuan kompetensi yang telah ditentukan.

D. Organisasi dan Manajemen Pembelajaran
Agar pembelajaran dapat dilaksanakan secara optimal perlu diorganisasikan dan dikelola. Setidaknya ada lima hal yang perlu diperhatikan yang berkaitan dengan organisasi manajemen pembelajaran dalam implementasi kurikulum, yaitu; pelaksanaan pembelajaran, pengadaan dan pembinaan tenaga ahli, pendayagunaan lingkungan dan sumberdaya masyarakat, pengembangan dan penataan kebijakan, serta keterbatasan pembelajaran.



Daftar Pustaka
Sutardi, D., Sudirjo, Encep. (2007). Pembaharuan dalam PBM di SD. Bandung: UPI PRESS.

Tidak ada komentar: