Halaman

Rabu, 13 Oktober 2010

KARAKTERISTIK ANAK TUNA GANDA (MULTIPLE HANDICAPPED)


Definisi anak tuna ganda menurut beberapa ahli :
· Menurut Johnston dan Magrab 1976 : 7
Tuna ganda adalah mereka yang mempunyai kelainan perkembangan mencakup kelompok yang mempunyai hambatan-hambatan perkembangan neorologis yang disebabkan oleh satu atau dua kombinasi kelainan dalam kemampuan seperti intelegensi, gerak, bahasa atau hubungan pribadi di masyarakat.

·               Menurut hukum di Amerika berdasarkan PL. 94-103
Definisi kelainan perkembangan secara ganda diperjelas antara lain :
a.   Mereka yang dikelompok ke dalam kelainan ganda antara lain tuna grahita, cerebral palsy, epilepsy.
b.  Mereka yang termasuk mempunyai kondisi lain yang bertendensi ke arah kelainan tuna grahita dengan kondisi-kondisi kelainan fungsi secara menyeluruh.
c.   Dimulai sebelum berumur 18 tahun.
d.  Kelainan terjadi secara terus menerus.
e.   Kelainan ganda merupakan kelainan substansi kemampuan seseorang untuk berfungsi secara normal dalam masyarakat.
·     Menurut Walker 1975
Tuna ganda adalah
a.   Seseorang dengan 2 hambatan masing-masing memerlukan layanan pendidikan khusus.
b.  Seseorang dengan hambatan-hambatan ganda memerlukan layanan teknologi.
c.   Seseorang dengan hambatan-hambatan ganda memerlukan modifikasi metode secara khusus.
·     Pengertian anak tuna ganda
Tuna ganda adalah anak-anak yang mempunyai masalah-masalah jasmani,mental atau emosional yang sangat berat atau kombinasi dari berbagai masalah, memerlukan pelayanan pendidikan,sosial, psikologis dan medik yang melebihi pelayanan program pendidikan luar biasa reguler,agar potensi mereka dapat berkembang secara maksimal sehingga berguna dalam partisipasi di masyarakat dan dapat memenuhi kebutuhan sendiri.
·     Prilaku –prilaku yang dapat dianggap menyimpang sebagai berikut :
1.  Kurang komunikasi atau sama sekali tidak dapat berkomunikasi
    Banyak yang tidak dapat berbicara, bila ada komunikasi mereka tidak merespon. ini menyebakan pelayanan pendidikan menjadi sulit.
2.  Perkembangan motorik dan fisik terbelakang
Sebagian besar anak tuna ganda mempunyai keteratasan dalam mobilitas fisik contoh :  tidak dapat berjalan.
3. Sering mempunyai prilaku aneh dan tidak bertujuan
contoh : menggosok-gosok jari ke wajah, melukai diri.
4.  Kurang dalam keterampilan menolong diri sendiri.
    Contoh : tidak dapat mengurus diri sendiri misalnya makan, berpakaian .
5.  Jarang berprilaku dan berinteraksi yang sifatnya kontruktif
    Anak-anak yang sehat dan tergolong cacat senang bermain dengan anak-anak lain.
Walaupun ada banyak kemungkinan kombinasi ketunaan, ada beberapa kombinasi yang paling sering muncul daripada kombinasi dari ketunaan-ketunaan yang lain. Kondisi utamanya yaitu retardasi mental (tuna grahita), gamgguan emosional tuli dan buta.
· Kelainan utama pada tuna grahita meliputi tuna grahita dan celebral palsy, tuna grahita dan gangguan pendengaran, tuna grahita dan masalah-masalah prilaku.
· Kelainan utama pada gangguan prilaku meliputi autisme, gangguan prilaku dan gangguan pendengaran serta
· Kelainan utama tuna rungu dan tuna netra.
Dapat dikatakan bahwa sebagian besar anak yang tergolong tuna ganda memiliki lebih dari  satu ketidakmampuan. Melalui diagnosis secara mendalam, masih sering sukar mengidentifikasi sifat dan beratnya ketuna gandaan yang dialami oleh anak dan pengaruhnya terhadap prilaku anak tuna ganda atau cacat berat dapat disebabkan oleh kondisi sangat bervariasi dan yang paling banyak adalah oleh sebab biologis yang dapat terjadi sebelum, selama atau sesudah kelahiran.
Seorang Ibu yang bergizi rendah pada saat  mengandung atau terlalu banyak minum obat-obatan atau alkohol juga dapat pula menyebabkan anak menderita cacat berat, kecelakaan kendaraan, jatuh, pukulan,nutrisi yang salah, keracunan atau karena terkena penyakit tertentu dapat berpengauh terhadap otak dan menyebabkan cacat yang berat.   

Tidak ada komentar: